BAB I
PENDAHULUAN
Pemanfaatan Tekhnologi informasi merupakan hal yang penting, karena
pemanfaatan tekhnologi informasi meningkatkan
sumber daya manusia dan tenaga siap pakai di Pulau Batam yang dikenal sebagai
Pusat Industri.
Maka dari itu pemerintah mendirikan
Sekolah yang berbentuk Kejuruan yang akan mendidik dan melatih siswanya agar
menjadi tenaga yang terampil dan langsung siap terjun ke Dunia Usaha atau
Industri yang membutuhkan, sesuai dengan bakat dan keterampilan yang dimiliki.
Sesuai dengan program kejuruan, khususnya
SMKN 4 Batam siswanya yang kelas dua semester genap yang telah mendapatkan
pelajaran teori di Sekolah diwajibkan melaksanakan Praktek Kerja Industri (
PRAKERIND) di Dunia Usaha atau Industri.
1.1 Latar Belakang Prakerin
Adapun yang menjadi latar
belakang dalam pelaksanaan program Praktek Industri antara lain:
1.
Kebijaksanaan Pemerintah yang dimuat dalam GBHN Tahun
1993, disebutkan bahwa “ Tujuan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
adalah untuk menghasilkan manusia pembangunan
yang mampu berperan serta sebagai tenaga terampil tingkat menengah yang layak
bekerja dalam berbagai sector pembangunan”.
2. Keputusan
Mendikbud tentang kurikulum 1999 SMK dalam dokumen landasan program dan
pembangunan kurikulum SMK Tahun 1999 disebutkan bahwa mutu dan relevansi
Pendidikan Menengah Kejuruan diarahkan untuk mengembangkan suatu sistem yang utuh dan mantap sehingga kesinambungan
antara dunia pendidikan dan dunia kerja
3.
Kurikulum SMK yang diperbaharui tahun 1999 yang telah
dijabarkan dalam GBPP bahwa misi Pendidikan Kejuruan adalah “Membentuk manusia
berkualitas yang mempunyai skill tertentu dan mampu berperan disetiap sektor
usaha”. program tersebut ditempuh oleh setiap siswa yang melaksanakan
pendidikan di Sekolah Kejuruan dengan bobot kredit yang telah di tetapkan
kurikulum
4.
Sadar akan keberadaan Dunia Pendidikan dan Dunia Usaha
secara tidak langsung adalah saling ketergantungan (Simbiosis Mutualisme),
dimana Pendidikan menghasilkan manusia terdidik dan Dunia Usaha adalah pemakai
hasil dari lembaga pendidikan, untuk mendukung terciptanya manusia Produktif
sesuai yang diharapkan bagi pemakai jasa, maka perlu adanya kerjasama, sebab
dalam hal perlengkapan peralatan dan ahli teknologi terampil dan bagaimanapun dunia
sekolah akan selalu tertinggal dari perusahaan.
1.2 Tujuan Prakerin
Praktek Kerja Industri yang dilaksanakan
Instansi Pemerintahan maupun swasta mempunyai tujuan utama yaitu merupakan
syarat siswa untuk mengikuti Ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional (UN).
Disamping itu terdapat tujuan lain yang diperoleh siswa selama mengikutiu
(PRAKERIND) diantaranya :
- Untuk mendapatkan bahan perbandingan antara Ilmu yang diperoleh di Sekolah dengan Ilmu yang diperoleh di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI)
- Untuk mengetahui aplikasi (program) database yang digunakan dalam menunjang pekerjaan di SAMSAT Batam
- Untuk mengetahui tentang Pajak Kendaraan Bermotor dan system informasi yang di gunakan di SAMSAT Batam
- Untuk mengetahui gambaran umum tentang SAMSAT Batam.
1.3 Perumusan Masalah
Perlu diketahui bersama bahwa dalam menyusun karya tulis kita
terlebih dahulu menentukan Judul Tema, karena hal itu merupakan bagian
terpenting dalam menyusun karya tulis. Tema dan Judul yang mencakup segala
pembahasan dan perumusan masalah yang mempunyai kaitan erat dengan apa yang
dilaksanakan dengan Perusahaan tersebut.
Berdasarkan hasil PRAKERIN selama kurang lebih 4 (empat) bulan di bagian
Pelayanan Pajak Kendaraan Baru di SAMSAT Batam, Hal yang mendukung penulis
untuk memilih judul ini adalah karena penulis ingin mengetahui Proses pelayanan
dan penanganan kendaraan baru dengan pemanfaatan tekhnologi informasi yang
digunakan, dimana hal tersebut terkait dengan jurusan penulis di SMKN 4 Batam.
Adapun kegiatan
yang penulis lakukan selama melaksanakan PRAKERIND antara lain :
1.
Penginputan data kendaraan baru dengan aplikasi data
base
2.
Mengekspedisi dan mendistribusikan kelengkapan
administrasi kendaraan baru
1.4 Teknik Pengumpulan dan Pengolahan Data
Dalam penyusunan sebuah laporan bukan
hanya berasal dari pengalaman– pengalaman penulis selama melaksanakan
pendidikan system ganda ini, tetapi juga berhasal dari berbagai sumber
pengumpulan data yang berhubungan dengan laporan ini. Data–data tersebut dikumpulkan dan diteliti
oleh penulis melalui penelitian secara langsung dari lapangan dan penelitian
dengan mempelajari buku–buku yang berehubungan dengan masalah yang akan
dibahas.
1. Penelitian
Langsung dari Lapangan
Merupakan metode
pengumpulan data yang dilakukan penulis selama
melaksanakan penelitian system ganda yang langsung meneliti masalah –
masalah yang berhubungan dengan laporan ini.
1.1 Observasi
Adalah
suatu metode yang dilakukan oleh penulis secara langsung mengerjakan
objek–objek kegiatan yang berhubungan dengan laporan atau pokok permasalahan
yang akan dibahas oleh penulis dalam menyusun laporan ini.
1.2 Wawancara / Tanya Jawab
Wawancara
atau Tanya Jawab merupakan teknik bertanya secara langsung kepada pembimbing
atau karyawan/i yang memahami dan mengetahui tentang seluk beluk program SIPEG
dan HIT Time Attendance
1.3 Pengambilan Data / Dokumentasi
Adalah
metode pengumpulan data–data dan dokumen–dokumen yang berhubungan dengan objek
atau pokok permasalahan yang akan dibahas dalam penyusunan laporan ini.
1.4 Penelitian dengan Menggali buku-buku ( library research )
Adalah
suatu metode Pengumpulan Data yang dilakukan oleh penulis dengan cara mencari
dan mempelajari buku-buku yang berhubungan dengan laporan dan didukung oleh
pelajaran-pelajaran yang telah dipelajari di Sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar