Tabs

Kamis, 10 Mei 2012

Contoh Bab 1 dalam laporan PKL


BAB I
 PENDAHULUAN

      Pemanfaatan Tekhnologi informasi merupakan hal yang penting, karena pemanfaatan tekhnologi informasi  meningkatkan sumber daya manusia dan tenaga siap pakai di Pulau Batam yang dikenal sebagai Pusat Industri.
      Maka dari itu pemerintah mendirikan Sekolah yang berbentuk Kejuruan yang akan mendidik dan melatih siswanya agar menjadi tenaga yang terampil dan langsung siap terjun ke Dunia Usaha atau Industri yang membutuhkan, sesuai dengan bakat dan keterampilan yang dimiliki.
      Sesuai dengan program kejuruan, khususnya SMKN 4 Batam siswanya yang kelas dua semester genap yang telah mendapatkan pelajaran teori di Sekolah diwajibkan melaksanakan Praktek Kerja Industri ( PRAKERIND) di Dunia Usaha atau Industri.

1.1     Latar Belakang Prakerin
Adapun yang menjadi latar belakang dalam pelaksanaan program Praktek Industri antara lain:
1.      Kebijaksanaan Pemerintah yang dimuat dalam GBHN Tahun 1993, disebutkan bahwa “ Tujuan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah untuk menghasilkan manusia pembangunan yang mampu berperan serta sebagai tenaga terampil tingkat menengah yang layak bekerja dalam berbagai sector pembangunan”.
2.       Keputusan Mendikbud tentang kurikulum 1999 SMK dalam dokumen landasan program dan pembangunan kurikulum SMK Tahun 1999 disebutkan bahwa mutu dan relevansi Pendidikan Menengah Kejuruan diarahkan untuk mengembangkan suatu sistem  yang utuh dan mantap sehingga kesinambungan antara dunia pendidikan dan dunia kerja
3.      Kurikulum SMK yang diperbaharui tahun 1999 yang telah dijabarkan dalam GBPP bahwa misi Pendidikan Kejuruan adalah “Membentuk manusia berkualitas yang mempunyai skill tertentu dan mampu berperan disetiap sektor usaha”. program tersebut ditempuh oleh setiap siswa yang melaksanakan pendidikan di Sekolah Kejuruan dengan bobot kredit yang telah di tetapkan kurikulum
4.      Sadar akan keberadaan Dunia Pendidikan dan Dunia Usaha secara tidak langsung adalah saling ketergantungan (Simbiosis Mutualisme), dimana Pendidikan menghasilkan manusia terdidik dan Dunia Usaha adalah pemakai hasil dari lembaga pendidikan, untuk mendukung terciptanya manusia Produktif sesuai yang diharapkan bagi pemakai jasa, maka perlu adanya kerjasama, sebab dalam hal perlengkapan peralatan dan ahli teknologi terampil dan bagaimanapun dunia sekolah akan selalu tertinggal dari perusahaan.

1.2  Tujuan Prakerin
      Praktek Kerja Industri yang dilaksanakan Instansi Pemerintahan maupun swasta mempunyai tujuan utama yaitu merupakan syarat siswa untuk mengikuti Ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional (UN). Disamping itu terdapat tujuan lain yang diperoleh siswa selama mengikutiu (PRAKERIND) diantaranya :
  1. Untuk mendapatkan bahan perbandingan antara Ilmu yang diperoleh di Sekolah dengan Ilmu yang diperoleh di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI)
  2. Untuk mengetahui aplikasi (program) database yang digunakan dalam menunjang pekerjaan di SAMSAT Batam
  3. Untuk mengetahui tentang Pajak Kendaraan Bermotor dan system informasi yang di gunakan di SAMSAT Batam
  4. Untuk mengetahui gambaran umum tentang SAMSAT Batam.

1.3   Perumusan Masalah
      Perlu diketahui bersama bahwa dalam menyusun karya tulis kita terlebih dahulu menentukan Judul Tema, karena hal itu merupakan bagian terpenting dalam menyusun karya tulis. Tema dan Judul yang mencakup segala pembahasan dan perumusan masalah yang mempunyai kaitan erat dengan apa yang dilaksanakan dengan Perusahaan tersebut.
      Berdasarkan hasil PRAKERIN selama kurang lebih 4 (empat) bulan di bagian Pelayanan Pajak Kendaraan Baru di SAMSAT Batam,  Hal yang mendukung penulis untuk memilih judul ini adalah karena penulis ingin mengetahui Proses pelayanan dan penanganan kendaraan baru dengan pemanfaatan tekhnologi informasi yang digunakan, dimana hal tersebut terkait dengan jurusan penulis di SMKN 4 Batam.
Adapun kegiatan yang penulis lakukan selama melaksanakan PRAKERIND antara lain :
1.      Penginputan data kendaraan baru dengan aplikasi data base
2.      Mengekspedisi dan mendistribusikan kelengkapan administrasi kendaraan baru

1.4 Teknik Pengumpulan dan Pengolahan Data
      Dalam penyusunan sebuah laporan bukan hanya berasal dari pengalaman– pengalaman penulis selama melaksanakan pendidikan system ganda ini, tetapi juga berhasal dari berbagai sumber pengumpulan data yang berhubungan dengan laporan  ini. Data–data tersebut dikumpulkan dan diteliti oleh penulis melalui penelitian secara langsung dari lapangan dan penelitian dengan mempelajari buku–buku yang berehubungan dengan masalah yang akan dibahas.
1. Penelitian Langsung dari Lapangan
Merupakan metode pengumpulan data yang dilakukan penulis selama  melaksanakan penelitian system ganda yang langsung meneliti masalah – masalah yang berhubungan dengan laporan ini.
      1.1 Observasi
Adalah suatu metode yang dilakukan oleh penulis secara langsung mengerjakan objek–objek kegiatan yang berhubungan dengan laporan atau pokok permasalahan yang akan dibahas oleh penulis dalam menyusun laporan ini.
       1.2 Wawancara / Tanya Jawab
Wawancara atau Tanya Jawab merupakan teknik bertanya secara langsung kepada pembimbing atau karyawan/i yang memahami dan mengetahui tentang seluk beluk program SIPEG dan HIT Time Attendance
      1.3 Pengambilan Data / Dokumentasi
Adalah metode pengumpulan data–data dan dokumen–dokumen yang berhubungan dengan objek atau pokok permasalahan yang akan dibahas dalam penyusunan laporan ini.
1.4 Penelitian dengan Menggali buku-buku ( library research )
Adalah suatu metode Pengumpulan Data yang dilakukan oleh penulis dengan cara mencari dan mempelajari buku-buku yang berhubungan dengan laporan dan didukung oleh pelajaran-pelajaran yang telah dipelajari di Sekolah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar